Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Main Author: | Hasanah, Hasanah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI)
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2700 http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2700/1230 |
Daftar Isi:
- Masih rendahnya motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa dan adanya perubahan paradigma pendidikan,dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar, guru harus menciptakan lingkungan atau kondisi belajar yang menyenangkan,bermakna bagi siswa, yang pada ahirnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil sample siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 3 Plered Cirebon. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat pengaruh antara motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa.