Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Penalaran Matematis Melalui Problem Based Learning (PBL) Siswa Sekolah Menengah Pertama

Main Author: ., Topik
Format: Article info Journal
Terbitan: Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI) , 2020
Online Access: http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2524
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan penalaran matematis. Desain penelitian adalah kelompok kontrol non-equivalen pretes dan postes. Populasi penelitian ini SMPS Se-Bandung Barat. Sampel dilakukan dengan cluster sampling (area sampling) diambil kelas VIII SMPS Darun Nasya Boarding School. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kemampuan pemahaman matematis, penalaran matematis dan lembar observasi. Analisis data kuantitatif dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis; (3) terdapat perbedaan antara siswa kelompok kelompok tinggi dengan kelompok sedang, yang lainya tidak ada perbedaan; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan penalaran matematis.