Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Main Author: | Sujana, Asep |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI)
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2520 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan strategi embedded konkuren dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika FKIP UNMA Banten, dengan sampel dua kelas pada semester IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian, lembar wawancara dan lembar observasi kegiatan mahasiswa dan dosen.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwakemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL) dan dengan pembelajaran konvensional tidak terdapat perbedaan signifikan