Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Problem Based Learning (PBL) Dan Direct Instruction (DI)
Main Author: | ., Maryati |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI)
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2516 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang memperoleh Problem Based Learning dan yang memperoleh pembelajaran Direct Instruction serta sikap siswa terhadap pembelajaran melalui Problem Based Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah staticgroup pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Margahayu Kabupaten Bandung. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IX B dan IX C SMP Negeri I Margahayu Kabupaten Bandung yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Dalam penelitian inikelompok eksperimen memperoleh pembelajaran Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran Direct Instruction.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan skala sikap. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui Problem Based Learning tidak terdapat perbedaan secara signifikan dari pada siswa yang memperoleh melalui pembelajaran Direct Instruction, sedangkan sikap siswa terhadap pembelajaran melalui Problem Based Learning menunjukan sikap positif