Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Main Authors: Pebriyani, Nais, Nasihin, Darojatun, Meika, Ika, Yaniawati, R Poppy, Firmansyah, Eka
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI) , 2020
Online Access: http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2444
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2444/1219
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan jenis kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Mathla’unnawa Kartika. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa sebagian besar siswa masih melakukan  kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Jenis kesalahan yang siswa lakukan adalah a)  siswa mengalami kesalahan dalam membaca perintah yang ditulis dalam soal, b) siswa mengalami kesalahan dalam  konsep metode eliminasi, konsep metode substitusi,konsep  metode campuran sehingga tidak dapat menyelesaikan apa yang diperintahkan soal tersebut, c) siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan sifat penjumlahan dan sifat pengurangan dalam SPLDV, d) siswa mengalami kesalahan dalam  melakukan operasi pada bilangan.