MENGUKUR KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN

Main Author: Rubaman, U. Maman
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal FISIP : MADANI , 2012
Online Access: http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/madani/article/view/206
Daftar Isi:
  • Setiap usaha baik usaha produk barang maupun jasa, termasuk jasa pendidikan, pada dasarnya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pelanggan. Hanya lembaga pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan atau kepuasan pelanggan yang dapat bertahan. Untuk mengetahui keadaan pelayanan pendidikan, perlu dilakukan pengukuran penilaian masyarakat/pelanggan. Hasil penilaian perlu disebarluaskan sehingga masyarakat dapat menentukan mana pelayanan pendidikan yang layak untuk dipilih, mana yang harus dihindari. Akhirnya, masyarakat yang akan mengadili lembaga pendidikan yang ada. Metode ServQual merupakan cara pengukuran kepuasan pelanggan yang sederhana, mudah digunakan dan diinterpretasikan, dan cara ini dapat digunakan untuk semua pengukuran yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Masyarakat, Metode Servqual