MENGUKUR KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN
Main Author: | Rubaman, U. Maman |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal FISIP : MADANI
, 2012
|
Online Access: |
http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/madani/article/view/206 |
Daftar Isi:
- Setiap usaha baik usaha produk barang maupun jasa, termasuk jasa pendidikan, pada dasarnya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pelanggan. Hanya lembaga pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan atau kepuasan pelanggan yang dapat bertahan. Untuk mengetahui keadaan pelayanan pendidikan, perlu dilakukan pengukuran penilaian masyarakat/pelanggan. Hasil penilaian perlu disebarluaskan sehingga masyarakat dapat menentukan mana pelayanan pendidikan yang layak untuk dipilih, mana yang harus dihindari. Akhirnya, masyarakat yang akan mengadili lembaga pendidikan yang ada. Metode ServQual merupakan cara pengukuran kepuasan pelanggan yang sederhana, mudah digunakan dan diinterpretasikan, dan cara ini dapat digunakan untuk semua pengukuran yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Kata Kunci: Lembaga Pendidikan, Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Masyarakat, Metode Servqual