Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Main Authors: Putra, Nofrianto, Fernandez, Donny, Chandra, R
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Minangkabau Scholar Institute , 2020
Subjects:
Online Access: http://msirp.org/journal/index.php/mted/article/view/29
http://msirp.org/journal/index.php/mted/article/view/29/22
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran CTL  pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Negeri 1 Pariaman. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM  dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Hasil belajar siswa sebelum tindakan nilai rata-rata 69.65 dengan persentase ketuntasan sebesar 51.72% , nilai rata-rata 69.79 dengan persentase ketuntasan sebesar 68.96% pada siklus I, nilai rata-rata 76.68 dengan persentase ketuntasan sebesar 82.75% pada siklus II, dan nilai rata-rata 80.27 dengan persentase sebesar 86.20% siswa yang tuntas pada siklus III.