Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu

Main Author: Eko Julianto Wibowo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Khusus , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2295
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2295/2263
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar tema selalu hemat energi berbasis e-learning siswa tunarungu kelas VII. Penelitian ini pengembangan dengan menerapkan model Gall, Gall & Borg (2003). Dilaksanakan dalam 10 tahapan: 1). identifikasi instruksional, 2). analisis intruksional,3). mengidentifikasi  karakteristik  awal  pebelajar, 4). instruksional khusus, 5). tes acuan patokan, 6). strategi instruksional khusus, 7). mengembangkan bahan ajar, 8). menyelenggarakan evaluasi formatif, 9). revisi instruksional, dan 10). desain dan evaluasi sumatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, evaluasi siswa, pretes dan posttes. Data dianalisis dengan deskriftif kualitatif, deskriftif kuantitatif dan analisis statistik uji-t dengan menggunakan aplikasi SPSS 17. Hasil review dari ahli isi materi  menyatakan bahwa isi produk sangat baik, dari ahli Pendidikan Luar Biasa siswa tunarungu sangat baik, ahli media pembelajaran  adalah  baik. Hasil uji kelompok kecil  adalah  sangat baik dan hasil penilaian uji lapangan adalah sangat baik. Hasil uji-t dengan menggunakan aplikasi SPSS 17 pada taraf signifikasi 5% menunjukkan  pretes 41,66 dan posttes 85,09, sehingga Ho ditolak, dengan kata lain  terdapat perbedaan  yang  signifikan  hasil belajar siswa  antara  sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar berbasis elearning pada pembelajaran terpadu dengan tema selalu hemat energi.