Implementasi Asesmen Anak Usia Dini dengan Hambatan Majemuk pada Guru PAUD di PAUD Inklusif di Jember

Main Author: Rosika Novia Megaswarie
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Khusus , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2285
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/special/article/view/2285/2070
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui gambaran implementasi asesmen anak usia dini dengan hambatan majemuk pada guru PAUD Inklusif di Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan observasi dan wawancara pada guru PAUD, pemahaman tentang pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini dengan hambatan majemuk masih belum optimal; 2) Guru PAUD memerlukan pelatihan implemetasi asesmen anak usia dini dengan hambatan majemuk; 3) adanya pelatihan mempermudah guru dalam melaksanakan asesmen untuk anak usia dini dengan hambatan majemuk di PAUD Inklusi. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk guru PAUD Inklusi, keluarga, dan peneliti selanjutnya.