PENGARUH METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN BEBER KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Main Authors: Dewi, Kartika, Musaddat, Syaiful , Dewi, Nurul Kemala
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/32
http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/32/32
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode global berbantuan media roda putar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR). Subyek penelitian ini adalah seorang siswa di SD Negeri Beber yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik instrument tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada fase baseline-1 diperoleh persentase hasil tes dengan rata-rata nilai 25% dan rentang nilai (25%-25%) artinya tidak terjadi peningkatan nilai. Selanjutnya, pada fase intervensi terjadi peningkatan persentase hasil tes dengan rata-rata nilai sebesar 50% dan rentang nilai (30%-70%), sedangkan pada fase Baseline-2 persentase hasil tes juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 83,33% dan rentang nilai (80%-85%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, metode global berbantuan media roda putar memberikan berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di SDN Beber tahun ajaran 2020/2021.