Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA

Main Authors: Subakthi Putri, Inggit Pragasuri, Dantes, N., Suranata, K.
Other Authors: Undiksha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Subjects:
IPA
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25137
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25137/15384
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/downloadSuppFile/25137/2043
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/downloadSuppFile/25137/2044
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui implementasi model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu quasi eksperiment dirancang dengan Non Equivalen Post-Test Only Kontrol Grup Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng dan terdiri dari 5 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini terdiri SDN 1 Petandakan yang terdiri dari 28 siswa (eksperimen) dan SDN 1 Nagasepaha yang terdiri dari 31 siswa (kontrol). Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan objektif sebanyak 30 soal. Analisis data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yaitu nilai hitung sebesar 3.21 dan nilai tabel sebesar 2.0. Artinya bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Dapat disimpulkan dengan, terdapatnya pengaruh dari hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradidional dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.