Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Authors: Kasanah, Sutria Amina, Damayani, Aries Tika, Rofian, Rofian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22308
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22308/13957
Daftar Isi:
  • Masih rendahnya nilai mata pelajaran siswa kelas V SD serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif merupakan sala satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD. Dari hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Role Playing berbantu media MultiplyCards terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pretest-Posttest one-Group Design. Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 51,471 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,647. Dengan N = 17, Diperoleh thitung = 6,881 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,035. Karena thitung = 6,881 > ttabel = 2,035 Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Role Playing berbantu media ultiply Cards. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran