Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Main Authors: Wijayanti, Rizky Ratna, Relmasira, Stefanus Christian, Juneau, Janelle Lee
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16159
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16159/9621
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Negeri Sumogawe 01 Getasan. Analisis data menunjukan hasil belajar siswa dalam kategori tidak tuntas mengalami penurunan. Dalam pra siklus ketidak tuntasan yang dicapai sebesar 57,5%, pada siklus 1 mengalami penurunan menjadi 32,5% dan pada siklus kedua mengalami penurunan hingga mencapau angka 7,5%. Sedangkan untuk kemapuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan yang cukup baik, pada pra siklus dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata hanya 62% dalam kategori rendah, pada siklus I meningkat menjadi 68% pada kategori sedang, dan pada pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 68% dalam kategori sedang