PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN OTENTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 008 BUMI AYU

Main Author: ', RODIAH
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya ( EDUCHILD ) , 2016
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3392
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/3392/3306
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa secara umum dikarenakan motivasi siswa dalam belajar masihrendah. belajar yang baik diperlukan proses dan motivasi yang baik karena tanpa motivasi yangbaik, maka hasil belajar maksimal tidak tercapai. Dengan kata lain, intensitas motivasi seseorangsiswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya. Dari analisis tindakanyang dilakukan dengan menggunakan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VISD Negeri 008 Bumi Ayu mengalami peningkatan setelah dilaksanakan strategi pembelajaranotentik. Untuk setiap indikator juga terdapat peningkatan, indikator tersebut adalah minat terhadappersoalan matematika, tekun menghadapi tugas, percaya diri dan kompetisi atau persaingan.Secara pengalaman langsung juga terjadi peningkatan motivasi siswa belajar matematika. Halini ditandai dengan keinginan siswa untuk belajar tidak dipaksa lagi tetapi sudah mulai darikesadaran masing-masing individu.Kata kunci : Pembelajaran Otentik, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Matematika