PENGGUNAAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

Main Author: Ermi, Netti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Riau , 2016
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/3202
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/3202/3117
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Jigsaw dalam pelajaran Sosiologi materi konflik sosial, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan apakah metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran sosiologi materi konflik sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jumlah siswa sebanyak 40 orang. Pada kenyataannya bahwa hasil belajar mata pelajaran sosiologi masih rendah. Ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah sehingga mereka masih menerima pelajaran dari guru. Peneliti mengambil kebijakan untuk menggunakan metode Jigsaw. Metode Jigsaw pusat belajar terletak pada siswa (student centre) dan diharapakan dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa. Ternyata setelah dilaksanakan proses pembelajaran, ternyata metode Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat persentase tuntasnya. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Pekanbaru.Kaca kunci: Metode Jigsaw, Hasil Belajar, Konflik Sosial