STRATEGI ORIENTASI PASAR, INOVASI, DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA INDUSTRI JASA SALON KECANTIKAN DAN SPA DI KOTA PEKANBARU)

Main Authors: ', Nia Anggraini, ', Marnis ', ', Samsir '
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan , 2014
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JSEP/article/view/2417
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JSEP/article/view/2417/2377
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi, danorientasi pembelajaran secara simultan dan parsial terhadap kinerja usaha; pengaruhkinerja usaha terhadap keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalahindustri jasa salon dan SPA di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian berjumlah 100orang pemilik dan atau manajer usaha jasa salon dan SPA di Kota Pekanbaru denganteknik pengambilan sampel Purposive Random Sampling. Data penelitian dianalisisdengan menggunakan Path Analysis dan diolah dengan SPSS for windows versi 17.Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi, dan orientasipembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja usaha; dan secaraindividual terdapat pengaruh dari orientasi pasar, inovasi, dan orientasi pembelajaranterhadap kinerja usaha pada industri jasa salon kecantikan dan SPA di KotaPekanbaru. Selain itu juga, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapatpengaruh dari kinerja usaha terhadap keunggulan bersaing pada industri jasa salonkecantikan dan SPA di Kota Pekanbaru. Dimana semakin tinggi dan berkualitas kinerjausaha secara langsung akan meningkatkan keunggulan bersaing pada industri jasasalon kecantikan dan SPA di Kota Pekanbaru dan sebaliknya.Kata kunci : Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Pembelajaran, Kinerja Usaha,Keunggulan Bersaing