PEMETAAN KEMAMPUAN GURU PAUD DALAM MELAKSANAKAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KOTA PEKANBARU

Main Authors: ', Ria Novianti, ', Enda Puspitasari, ', Daviq Chairilsyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Riau , 2014
Online Access: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/2353
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/2353/2314
Daftar Isi:
  • Asesmen perkembangan anak usia dini merupakankegiatan yang penting dilakukan untuk mengumpulkan danmenganalisis data mengenai perkembangan anak yang selanjutnyaakan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di PAUD. PendidikPAUD yang berlatar belakang pendidikan S1 wajib memilikikompetensi pedagogis dalam melaksanakan kegiatan asesmenini.Namun pada kenyataannya masih terdapat kelemahan dari segipengetahuan dan pelaksanaan asesmen dari pihak pendidikmaupun lembaga PAUD. Untuk itu penelitian ini dilaksanakandengan tujuanmemetakan permasalahan-permasalahan dalampelaksanaan asesmen perkembangan anak usia dini di KotaPekanbaru, dan kemudian diperoleh hasil sebagai berikut: 1)kemampuan pendidik PAUD dalam mencatat kejadian di kelas atauperilaku anak secara rinci tergolong rendah (56,6%), 2) dukunganlembaga PAUD terhadap pelaksanaan asesmen perkembangananak usia dini tergolong rendah bila dibandingkan dengan aspeklainnya (60,3%), terutama dalam menyediakan format khususasesmen dan memberi arahan mengenai cara melakukan penilaianperkembangan anak bagi pendidik, 3) masih ada pengelola PAUDyang tidak memahami pelaksanaan asesmen perkembangan anakusia dini sehingga tidak mendorong dan mengevaluasi kinerjapendidik dalam mengases anak di lembaga PAUD. Berdasarkanhasil pemetaan tersebut perlu dilakukan pelatihan asesmen bagipara pendidik PAUD, juga monitoring dan evaluasi oleh pengelolaPAUD untuk meningkatkan kualitas asesmen perkembangan anakusia dini.Kata Kunci: Asesmen, perkembangan anak usia dini