PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 SIMPANG RIMBA

Main Author: Alpian Darmawan , Yuanita, dan Oktarina
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP MBB Press , 2018
Online Access: https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/57
https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/57/39
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi hasil belajar pukulan forehand peserta didik kelas VI masih rendah. Hasil yang diperoleh peserta didik kelas VI tentang pukulan forehand kurang memuaskan, karena gaya mengajar yang digunakan guru kurang membangkitkan semangat belajar peserta didik. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Simpang Rimba dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada pelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi materi pukulan forehand dalam permainan tenis meja.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ekperimental yang digunakan adalah nonequevalent control group design pretest posttest. Populasi terdiri dari 39 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling purposive.Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa bahwa thitung > ttabel = 2,311 > 2,026, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar pukulan forehand dalam permainan tenis meja siswa kelas VI SD Negeri 3 Simpang Rimba. Kata kunci: Hasil Belajar, Gaya Mengajar Resiprokal, Pukulan Forehand, Permainan Tenis Meja