Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang

Main Authors: Akbar, Ramadhan, Ulfah, Widati Amalin, Walton, Erick Prayogo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP MBB Press , 2020
Online Access: https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/160
https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/160/102
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe  Student  Teams  Achievement  Division  (STAD)  terhadap  hasil belajar siswa pada materi passing kaki bagian dalam sepakbola siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.  Jenis  desain  yang  dipakai  adalah  nonequivalent  control group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes kemampuan passing kaki bagian dalam. Hasil kemampuan passing   kaki bagian dalam diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T diperoleh Thitung = 10,620 dan nilai Ttabel  = 2,000, Nilai Thitung ˃ Ttabel. Data menunjukan bahwa kemampuan akhir kedua kelompok  berbeda.  Dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan  hasil yang signifikan antara kedua kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh positif terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbola siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang.