Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang
Main Authors: | Akbar, Ramadhan, Ulfah, Widati Amalin, Walton, Erick Prayogo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP MBB Press
, 2020
|
Online Access: |
https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/160 https://sparta.stkipmbb.ac.id/index.php/SPARTA/article/view/160/102 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi passing kaki bagian dalam sepakbola siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Jenis desain yang dipakai adalah nonequivalent control group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes kemampuan passing kaki bagian dalam. Hasil kemampuan passing kaki bagian dalam diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T diperoleh Thitung = 10,620 dan nilai Ttabel = 2,000, Nilai Thitung ˃ Ttabel. Data menunjukan bahwa kemampuan akhir kedua kelompok berbeda. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kedua kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh positif terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbola siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pangkalpinang.