KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 RANAH PESISIR

Main Authors: Pratama, Raga Suganda, Afnita, Afnita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2020
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6454
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6454/5803
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dilakukannnya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks berita. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu keterampilan membaca pemahaman teks berita dan keterampilan menulis teks berita. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dalam mendeskripsikan hasil penelitian. Data penelitian ini berupa hasil skor nilai keterampilan membaca pemahaman dan skor nilai hasil keterampilan menulis teks berita yang diolah menggunakan pengolahan statistik. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan meulis teks berita. Dari penelitian ini disimpulkan bahawa hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa barada pada nilai yang baik, dan hasil menulis teks berita juga berada pada nilai yang baik. Jika keterampilan membaca pemahaman meningkat, maka keterampilan menulis teks berita juga akan meningkat secara otomatis. Kata kunci: korelasi, membaca pemahaman, teks berita.