ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA

Main Author: Selegi, Susanti Faipri; Universitas PGRI Palembang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/2591
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/2591/2835
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa melalui Creative Problem Solving (CPS) pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 (lima) yang berjumlah 28 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan tes bentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis higher order thinking skill (HOTS) melalui creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan kognitif mahasiswa. Ini dibuktikan dari hasil instrument angket yang menunjukkan 84,3% mahasiswa menjawab baik dalam menggunakan pendapat, ide atau gagasan yang relevan dengan topik bahasan, 86,4% mahasiswa menjawab sangat baik dalam memberikan alternative solusi terhadap permasalahan yang ditemukan pada topik bahasan. Sementara itu, hasil tes bentuk uraian menunjukkan bahwa 42,9% dari 28 mahasiswa menjawab dengan kategori baik pada rentang nilai 70 s.d 84 dan 53,6% dari 28 mahasiswa menjawab dengan sangat baik pada rentang nilai 85 s.d 100. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tes uraian, yaitu, (1) mahasiswa mampu menjawab dengan baik soal yang diberikan, (2) mahasiswa menjelaskan dengan baik masalah yang ditemukan berdasarkan pengamatan (pengetahuan mahasiswa terhadap permasalahan pendidikan), (3) mahasiswa memberikan ide dan gagasan yang kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan, (4) mahasiswa dapat memberikan solusi alternative dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui peningkatan kualifikasi akademik tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan demikian, Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui Creative Problem Solving (CPS) dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang.