PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM (TWA) PUNTIKAYU PALEMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Main Authors: Nindya Sylvia, Gracya Niken, Sugandi, Dede, Kastolani, Wanjat
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education , 2017
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/1132
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/1132/962
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Puntikayu Palembang Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan metode pembelajaran outdoor study. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pemahaman konsep peserta didik dengan memanfaatkan Taman Wisata Alam Puntikayu Palembang melalui metode Outdoor study di SMA Negeri 9 Palembang? Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain eksperimen Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan Paired Samples T-Test dengan bantuan software SPSS versi 20. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) puntikayu palembang sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di SMA Negeri 9 PalembangKata Kunci: metode Outdoor Study, Pemahaman Konsep