STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP ASURANSI KECELAKAAN LALU-LINTAS JALAN DAN PENUMPANG UMUM PADA PT. JASA RAHARJA CABANG RIAU
Main Authors: | saputra, eko septian, Nurdin, Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7912 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7912/4285 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi permasalahan bahwa pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi berada di persentase rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum pada PT. Jasa Raharja cabang Riau. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, PT. Jasa Raharja menerapkan beberapa strategi seperti sosialisasi dan program kemitraan, publikasi media, mengontrol data lalu-lintas di satlantas, dan menangani korban kecelakaan di rumah sakit. Strategi tersebut berperan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum. Berdasarkan aspek seperti menekan jumlah kecelakaan, jumlah santunan yang diberikan mengalami penurunan, survey pelayanan kepuasan masyarakat mencapai hasil yang baik dan penanganan korban yang dilaporkan kepada pihak kepolisian atau rumah sakit ditangani dengan cepat. Ini mengindikasikan bahwa masyarakat sudah semakin mengerti tentang asuransi kecelakaan lalu-lintas jalan dan penumpang umum.Kata kunci: Strategi, Humas, Asuransi