STRATEGI PEMASARAN PAKET IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH DI PT. SELA EXPRESS TOUR KOTA PEKANBARU

Main Authors: Afidah, Vivi Nurul, Romli, Syahril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi , 2019
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7440
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7440/4087
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji, tetapi di sisi lain, karena adanya pembatasan kuota haji, maka tidak semua orang bisa langsung berangkat haji pada tahun berjalan, yang disebabkan panjangnya daftar antrian di Indonesia atau yang sering disebut dengan daftar tunggu (waiting list) yang berkisar 15-20 tahun. Karena adanya sistem waiting list, masyarakat indonesia lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu dan melaksanakan haji di penyelenggara haji khusus. Permasalahan dalam hal ini adalah hadirnya travel haji dan umroh yang semakin menjamur sehingga menimbulkan persaingan dalam sektor penyedia jasa layanan umroh dan haji khusus, hal ini menunut perusahaan penyedia jasa perjalanan haji dan umroh tersebut harus meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik unggul dan terpercaya, untuk merebut dan menguasai pasar dalam merekrut jamaah haji maupun umroh. Penelitian ini dilakukan di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yang terdiri dari dua orang pimpinan dan tiga orang karyawan Selatour. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian data diatas, dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru dengan menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix, pertama melalui produk. Kedua, melalui harga. Ketiga, melalui distribusi. Keempat, melalui promosi. Dari penerapan strategi pemasaran tersebut PT. Sela Express Tour berhasil merekrut jamaah umroh dan haji plus dan terus meningkat dalam setiap tahunya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Paket Ibadah Haji dan Umroh, Jamaah