Model Komunikasi Guru Dan Murid Di Sekolah Luar Biasa Pelita Hati Jalan Merpati Sakti Kecamatan Tampan Pekanbaru Dalam Membangun Aspek Kreativitas

Main Authors: Handayani, Mega, Suriani, Julis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi , 2019
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7340
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/7340/4082
Daftar Isi:
  • Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi yang digunakan oleh guru dan murid di SLB Pelita Hati Jalan Merpati Sakti Kecamatan Tampan Pekanbaru dalam membangun aspek kreativitas. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sebagai penelitian deskriptif kualitatif, peneliti hanya memaparkan situasi peristiwa. Tidak mencari hubungan, dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi.Pada proses komunikasi guru dan murid di SLB Pelita Hati Pekanbaru, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa model komunikasi yang berlaku, yaitu model komunikasi interaksional, model komunikasi psikologis dan model komunikasi instruksional. Ketiga model komunikasi tersebut diatas merupakan model komunikasi yang sering digunakan dalam prakteknya membangun kreativitas anak. Model komunikasi interaksional merupakan model komunikasi dasar yang kerap digunakan dalam keseharian makhluk hidup untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Begitu pula bagi guru dan murid di SLB yang menggunakan model komunikasi interaksional dalam hal belajar-mengajar. Hal ini bertujuan untuk melatih murid berkebutuhan khusus agar mampu berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya.