Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge
Main Authors: | Ma’rufi, Ma’rufi, Muhammad Ilyas, Muhammad Ilyas |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding Seminar Nasional Uiversitas Cokroaminoto Palopo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uncp.ac.id/6/1/PROSIDING%20-%20Mentoring%20Guru%20Dalam%20Pembelajaran%20Matematika%20%20Berbasis%20Pedagogical%20Content%20Knowledge.pdf http://repository.uncp.ac.id/6/3/1.%20PEERREVIEW-Mentoring%20Guru%20Dalam%20Pembelajaran%20Matematika%20%20Berbasis%20Pedagogical%20Content%20Knowledge.pdf http://repository.uncp.ac.id/6/5/1.%20Turnitin%20Artikel%20Ma%27rufi%20%20%28Prosiding%20Semnas%202017%29%20%28Gabung%29.pdf http://repository.uncp.ac.id/6/ |
Daftar Isi:
- ayanan profesinya untuk kualitas peserta didiknya. Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan yang merupakan integrasi antara pengetahuan konten metematika, pedagogik dan pengetahuan tentang siswa. Pengembangan profesionalisme guru, khususnya guru pemula dapat dilakukan melalui program induksi dan mentoring guru. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model mentoring guru berbasis PCK. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan PCK guru berkaitan dengan jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear. Mentoring sebagai suatu model pembinaan dan pendampingan guru melalui kolaborasi dosen program studi pendidikan matematika dan guru matematika SMP. Bentuk mentoring dosen terhadap guru berbasis PCK, dapat meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kompetensi pedagogik guru, termasuk jenis pertanyaan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa. Jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear terdiri atas pertanyaan yang mengarahkan siswa kepada jawaban benar dan pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir.