Arah Aliran Komunikasi Organisasi Pada Media Lifepal.co.id

Main Authors: Fajar Pahlawan, Selvia Dewi Rahayu
Format: Article info application/pdf Book Journal
Bahasa: ind
Terbitan: CV. Syntax Corporation Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/58
http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/58/84
http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/58/85
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui arah aliran komunikasi organisasi pada perusahaan Lifepal.co.id. Pendekatan yang dilakukan pad penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui buku-buku, literatur, brosur, website dan dokumen-dokumen lain yang relevan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari karyawan Lifepal.co.id yang meliputi atasan dan bawahan. Hasil penelitian memunjukan dalam melakukan proses komunikasi organiasi, unsur pertama yang perlu ada yaitu komunikator atau orang yang menyampaikan suatu pesan. Bahwa di dalam proses komunikasi pemimpin selaku komunikator harus membuat pesan yang dapat di mengerti oleh komunikannya. Terdapat dua fenomena komunikasi yang terjadi di lapangan yaitu adanya komunikasi dalam konteks top-down dan komunikasi dalam konteks bottom-up. Chief Marketing Officer dalam hal ini sebagai Pimpinan Lifepal.co.id menggunakan beberapa metode yang digunakan dalam upaya berinteraksi dengan karyawan. Adapun komunikasi yang dilakukan yaitu melalui rapat, briefing, townhall Meeting, dan Via Telepon. Sedangkan komunikasi terhadap bawahan yang dilakukan yaitu Pengumuman.