PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
Main Author: | Nurmiati, Nurmiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Biology Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Nahdlatul Wathan Mataram - Indonesia
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/100 http://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/100/61 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 7,2%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 76,49, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88.88%.