PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

Main Author: Nurmiati, Nurmiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Biology Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Nahdlatul Wathan Mataram - Indonesia , 2019
Online Access: http://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/100
http://ejournal.unwmataram.ac.id/bios/article/view/100/61
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa dan tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 7,2%. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 76,49, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88.88%.