PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BAKTI BANGSA AIR SALEH

Main Authors: Januardi, Januardi, Gustiana, Anggi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/2229
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/2229/2044
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/downloadSuppFile/2229/83
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Populasi penelitian ini berjumlah 191 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas data dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diketahui; 1) Hasil tes siswa kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nila 85,15. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 55 dengan rata-rata 77,03. 2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t hitung = 13, 28 lebih besar dari pada t tabel = 1,667. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh