Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Marketing Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Main Author: Muttaqien, Fauzan
Format: Article info
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Gama Lumajang , 2015
Online Access: http://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/wiga/article/view/145
http://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/wiga/article/view/145/126
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah ”Implementasi Strategi Pemasaran melalui Marketing Mix dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk pada UD. Dwi Tunggal di Banjarwaru Kabupaten Lumajang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya Pengaruh Strategi Marketing Mix yang terdiri dari produk, tempat, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian Produk, dengan pertimbangan perkembangan usaha ini cukup pesat sehingga menarik untuk diteliti dari segi Strategi Pemasarannya.Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh strategi Marketing melalui Marketing Mix secara parsial terhadap keputusan pembelian produk dan juga terdapat pengaruh secara simultan, dimana hasilnya menunjukkan bahwa secara simultan strategi Marketing Mix yang terdiri dari produk, tempat, promosi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan secara Parsial, strategi Marketing Mix yang terdiri dari produk, tempat, promosi dan harga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dengan koefisien beta sebesar 0,329 maka variabel promosi merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sementara itu hasil koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh sebesar 0,515, menunjukkan bahwa 51,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel yang terdapat dalam komponen Marketing Mix yaitu produk, tempat, promosi dan harga, sedangkan sisanya yaitu 48,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh variabel produk, tempat, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.