PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Main Authors: | Bailang, Indrianti, Emor, Jorie, Wenas, John R. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Manado
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/253 http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/253/218 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rainis pada pembelajaran PLSV, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Dari hasil penelitian, tindakan yang dilakukan pada siklus 1 belum berhasil karena hanya mencapai 62% dari ketuntasan secara klasikal yaitu 65%, kemudian tindakan dilanjutkan pada siklus 2, dan pada siklus 2 tindakan yang dilakukan telah berhasil dengan ketuntasan belajar 76%. Disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Scramble, hasil balajar matematika