PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Main Authors: Araroh, Asni, Regar, Vivi E, Salajang, Santje M.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Manado , 2017
Online Access: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/160
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/160/140
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil pembelajaran siswa dalam trigonometri. dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan untuk tipe STAD. Penelitian ini menerapkan kelompok exsperiment pretest posttest desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lirung, di mana dua kelompok kesepuluh homogen dipilih secara acak sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam belajar trigonometri dengan pembelajaran kooperatif model NHT itu 59,63 dibandingkan dengan 57,57 Model STAD. Dengan tingkat nyata 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi dari hasil belajar siswa rata-rata diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD ketika belajar trigonometri.Kata Kunci: NHT, STAD, hasil belajar trigonometri.