Pembelajaran Konsep Sains Tentang Kapasitas Infiltrasi Dengan Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Untuk Mahasiswa

Main Authors: Rungkat, Jovialine A., Medellu, Christophil S., Belandina, Angeline
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Manado , 2020
Online Access: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/1474
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/1474/1251
Daftar Isi:
  • ABSTRAK. Masalah dalam penelitian ialah kurangnya pembelajaran IPA yang mengaitkan konsep sains dengan pengalaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah implementasi pembelajaran konsep sains dan proses sains mengenai kapasitas infiltrasi dilapangan, dan persentase ketercapaian hasil belajar subjek (mahasiswa). Metode penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan subjek penelitian mahasiswa angkatan 2018. Data hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa aktif dan antusias mengikuti pembelajaran konsep dan proses sains dilapangan. Hasil persentase capaian belajar menunjukan <75% pada tahap menganalisis fakta/fenomena, serta 75% pada tahap mengeksplorasi konsep dan proses sains. Kesimpulan,implementasi persentase pembelajaran konsep sains dan proses sains mengenai kapasitas infiltrasi berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, Eksploratif, Aktivitas, Hasil Belajar, Infiltrasi.