Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar
Main Authors: | Anggy Giri Prawiyogi, Haerudin, Andri Purwanugraha, Mega Agustin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Buana Perjungan Karawang
, 2019
|
Online Access: |
https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/view/752 https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/view/752/780 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the effect of student’s of Cengkong IV Elementary School Purwasari Distric. This research is a type of quantitative research. The population used in this student were all students of Cengkong IV Elementary School with a total of 150. By taking a sample of 25% of the population members, a sample of 40 people was obtained. The technique of collecting data through student confidence questionnaires with student’s speaking skills using the role playing method. Data analysis techniques to test hypotheses are done by calculating inferensial statistics. The results of the test of the validity of the confidence questionnaire obtained 22 items of instrument statements which were validly stated from the 46 statments of the instruments being tested.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri siswa dengan keterampilan berbicara menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN Cengkong IV Kecamatan Purwasari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Cengkong IV dengan jumlah 150. Dengan mengambil sampel berjumlah 25% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket percaya diri siswa dengan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode bermain peran. Teknik analisi data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan penghitungan statistik inferensisal. Hasil dari Uji validitas angket percaya diri diperoleh 22 butir pernyataan instrumen yang dintyatakan valid dari 46 pernyataan instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji realibilitas diperoleh nilai.