IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL MAKASSAR

Main Author: Ana Cahayani Fatimah, Ana Cahayani Fatimah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima , 2019
Online Access: http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/161
http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/161/82
Daftar Isi:
  • Ana Cahayani Fatimah. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran Fikih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar” Fitrah Jurnal Studi Pendidikan, Vol. 8, No. 1 Juni 2017, h. 19-38. Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk : 1) mengkaji bentuk penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap  peningkatan  prestasi  belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas VIII MTs. Negeri Model Makassar; dan 2) Mengkaji Efektivitas model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas VIII.1 MTs. Negeri Model  Makassar tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Classroom  Action  Research  dengan  jenis kolaboratif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fikih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.1 MTs. Negeri Model Makassar. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari meningkatnya nilai,  bertambahnya  semangat  dan  antusias  siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, prestasi belajar siswa.