Pengaruh Gaya Mengajar dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Keterampilan Smash Bola Voli
Main Authors: | Rizal, Bayu Thomi, Kasriman, Kasriman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Suryakancana FKIP Prodi Pendidikan Jasmani
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo/article/view/1065 https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo/article/view/1065/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar resiprokal, latihan, dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan smash bolavoli. Studi eksperimen pada mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Jambi angkata 2016, penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0.05.Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1)Secara keseluruhan keterampilan smashbolavoli kelompok mahasiswa yang mengikuti pembelajaran resiprokal lebih baik dibandingkan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran latihan, (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilansmashbolavoli, (3) Pada koordinasi mata tangan tinggi, hasil keterampilan smash bola voli kelompok gaya mengajar resiprokal lebih baik daripada kelompok gaya mengajar latihan, (4) Pada koordinasi mata tangan rendah, hasil keterampilan smash bola voli kelompok gaya megajar resiprokal lebih rendah daripada kelompok gaya mengajar latihan.