Pengaruh Kedisiplinan Dan Kenyamanan Taruna/ Taruni Di Asrama Kampus Akpelni Terhadap Hasil Pembelajaran

Main Author: Diah Kusumawati, Evyana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Politeknik Bumi Akpelni , 2019
Subjects:
Online Access: https://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/Gema-Maritim/article/view/2
https://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/Gema-Maritim/article/view/2/2
Daftar Isi:
  • Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  (1) seberapa besar  pengaruh  kedisiplinan   taruna/ taruni  terhadap hasil pembelajaran, (2) seberapa besar  pengaruh  kenyamanan   taruna/ taruni  di asrama kampus Akpelni  terhadap   hasil pembelajaran, (3) faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan taruna/ taruni dalam meningkatkan hasil pembelajaran.        Populasi dalam penelitian ini adalah taruna/ taruni  angkatan 51 dan 52 dengan  jumlah 1080 orang. Pengumpulan data dengan metode kuesioner untuk  mengumpulkan  data  Kedisiplinan  dan  Kenyamanan di Asrama kampus Akpelni,  sedangkan metode dokumentasi untuk  mengetahui  Hasil pembelajaran. Uji  coba instrumen  ini  dilakukan  terhadap  92  taruna/ taruni  angkatan 51 dan 52 prodi KPN, Nautika dan Teknika,  analisis  data  yang digunakan  adalah  teknik  analisis  regresi  ganda.  Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji Normalitas, Heterokedastisitas dan Autokorelasi.        Hasil  penelitian  ini  adalah: (1)  Terdapat  pengaruh  kedisiplinan terhadap hasil pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai t hitung  lebih  besar  dari  t tabel    yaitu:  2,900 > 1,987 dengan  koefisien  determinasi  sebesar  0,165  yang artinya  sebesar  1,65 %  variabel  ini  mempengaruhi  hasil pembelajaran.  (2)  Terdapat  pengaruh kenyamanan   di asrama kampus Akpelni  terhadap  hasil pembelajaran yang  ditunjukkan  dengan  nilai  t hitung  lebih  besar  dari  t tabel   yaitu:  1,987 < 2,834 > -1,987 dengan  koefisien  determinasi  sebesar  0,165  yang  artinya  sebesar  1,65 %  variabel  ini mempengaruhi hasil pembelajaran. (3) faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan taruna/ taruni dalam meningkatkan hasil pembelajaran adalah tujuan/ kurikulum, lingkungan kampus, siswa (taruna/ taruni) dan   sikap dosen. Persamaan garis regresi ganda Y = 100,698 +0,689X1+1,082X2.