NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung Kec. Gerung Kab. Lombok Barat)

Main Author: Murzal, Murzal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Studi Agama dan Masyarakat Aceh (LSAMA) , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.lsamaaceh.com/index.php/kalam/article/view/47
http://journal.lsamaaceh.com/index.php/kalam/article/view/47/46
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penanaman nilai-nilai multikultural melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Gerung, Penelitian ini juga mengkaji tiga permasalahan utama yaitu: Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung;  Proses  penanaman  nilai  multikultural dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung; Metode pembinaan karakter melalui nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran PAI meliputi nilai toleransi, nilai kesamaan, nilai persatuan, nilai kekerabatan, dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di   SMKN 1 Gerung menggunakan   dua   metode   yaitu   metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dampak penanaman nilai-nilai multikultural terhadap siswa yaitu tumbuhnya sikap saling toleran, menghormati, menerima pendapat orang lain, saling bekerjasama, tidak  bermusuhan, dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, bahasa, adat istiadat, dan agama.