Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan

Main Authors: hendra, tomi, Siti Saputri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21
https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9
ctrlnum article-21
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan</title><creator>hendra, tomi</creator><creator>Siti Saputri</creator><subject lang="en-US">Komunikasi dan Pendidikan</subject><description lang="en-US">Dunia pendidikan pada saat sekarang kini sedang marak-maraknya memperlombakan peningkatan mutu pendidikan. Berbagai macam upaya yang mereka lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di semua jenjang. Mulai dari penetapan Standar Nasional Pendidikan sampai pada peningkatan Akreditasi lembaga pendidikan. Komunikasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan &amp;nbsp;merupakan upaya atau salah satu cara peningkatan mutu di dalam dunia pendidikan. Para ahli sepakat bahwa komunikasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Sebab, komunikasi yang baik akan membentuk hubungan yang baik. Baik itu guru dengan muridnya atau murid dengan gurunya. Guru dituntut berperan aktif dalam proses belajar-mengajar terutama dalam proses belajar mengajar tatap muka. Guru dituntut sebagai perancang pembelajaran (designer of intruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of Instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, dan guru sebagai konselor dan lain sebagainya. Dalam menerapkan beragam hal tugas seorang guru, perlunya komunikasi yang efektif dalam proses belajar-mengajar antara murid dan guru. Sehingga tujuan peningkatan dari mutu di lembaga kependidikan bisa tercapai. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk membantu penulis di dalam memaparkan korelasi antara komunikasi dengan pendidikan, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.</description><publisher lang="en-US">Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci</publisher><date>2020-04-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21</identifier><identifier>10.32939/ishlah.v2i1.21</identifier><source lang="en-US">Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah; Vol. 2 No. 1 (2020): Juni; 51-63</source><source>2715-6273</source><source>2714-6510</source><source>10.32939/ishlah.v2i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9</relation><relation>10.32939/ishlah.v2i1.21.g9</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah</rights><recordID>article-21</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author hendra, tomi
Siti Saputri
title Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan
publisher Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci
publishDate 2020
topic Komunikasi dan Pendidikan
url https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21
https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9
contents Dunia pendidikan pada saat sekarang kini sedang marak-maraknya memperlombakan peningkatan mutu pendidikan. Berbagai macam upaya yang mereka lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di semua jenjang. Mulai dari penetapan Standar Nasional Pendidikan sampai pada peningkatan Akreditasi lembaga pendidikan. Komunikasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan &nbsp;merupakan upaya atau salah satu cara peningkatan mutu di dalam dunia pendidikan. Para ahli sepakat bahwa komunikasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Sebab, komunikasi yang baik akan membentuk hubungan yang baik. Baik itu guru dengan muridnya atau murid dengan gurunya. Guru dituntut berperan aktif dalam proses belajar-mengajar terutama dalam proses belajar mengajar tatap muka. Guru dituntut sebagai perancang pembelajaran (designer of intruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of Instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, dan guru sebagai konselor dan lain sebagainya. Dalam menerapkan beragam hal tugas seorang guru, perlunya komunikasi yang efektif dalam proses belajar-mengajar antara murid dan guru. Sehingga tujuan peningkatan dari mutu di lembaga kependidikan bisa tercapai. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk membantu penulis di dalam memaparkan korelasi antara komunikasi dengan pendidikan, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.
id IOS13674.article-21
institution Institut Agama Islam Negeri Kerinci
institution_id 2105
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat Institut Agama Islam Negeri Kerinci
library_id 1687
collection Ishlah (Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah)
repository_id 13674
subject_area Da'wah/Dakwah Islam
World History, Civilizations/Sejarah Dunia, Peradaban
Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam/Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam
Koran/Qur'an, Al-Qur'an, Alquran
city KOTA SUNGAI PENUH
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13674
first_indexed 2020-05-10T03:20:58Z
last_indexed 2020-09-30T11:00:23Z
recordtype dc
_version_ 1686820281549586432
score 17.538404