Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan
Main Authors: | hendra, tomi, Siti Saputri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21 https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9 |
ctrlnum |
article-21 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan</title><creator>hendra, tomi</creator><creator>Siti Saputri</creator><subject lang="en-US">Komunikasi dan Pendidikan</subject><description lang="en-US">Dunia pendidikan pada saat sekarang kini sedang marak-maraknya memperlombakan peningkatan mutu pendidikan. Berbagai macam upaya yang mereka lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di semua jenjang. Mulai dari penetapan Standar Nasional Pendidikan sampai pada peningkatan Akreditasi lembaga pendidikan. Komunikasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan &nbsp;merupakan upaya atau salah satu cara peningkatan mutu di dalam dunia pendidikan.
Para ahli sepakat bahwa komunikasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Sebab, komunikasi yang baik akan membentuk hubungan yang baik. Baik itu guru dengan muridnya atau murid dengan gurunya. Guru dituntut berperan aktif dalam proses belajar-mengajar terutama dalam proses belajar mengajar tatap muka. Guru dituntut sebagai perancang pembelajaran (designer of intruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of Instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, dan guru sebagai konselor dan lain sebagainya. Dalam menerapkan beragam hal tugas seorang guru, perlunya komunikasi yang efektif dalam proses belajar-mengajar antara murid dan guru. Sehingga tujuan peningkatan dari mutu di lembaga kependidikan bisa tercapai.
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk membantu penulis di dalam memaparkan korelasi antara komunikasi dengan pendidikan, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.</description><publisher lang="en-US">Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci</publisher><date>2020-04-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21</identifier><identifier>10.32939/ishlah.v2i1.21</identifier><source lang="en-US">Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah; Vol. 2 No. 1 (2020): Juni; 51-63</source><source>2715-6273</source><source>2714-6510</source><source>10.32939/ishlah.v2i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9</relation><relation>10.32939/ishlah.v2i1.21.g9</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah</rights><recordID>article-21</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
hendra, tomi Siti Saputri |
title |
Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan |
publisher |
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci |
publishDate |
2020 |
topic |
Komunikasi dan Pendidikan |
url |
https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21 https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/21/9 |
contents |
Dunia pendidikan pada saat sekarang kini sedang marak-maraknya memperlombakan peningkatan mutu pendidikan. Berbagai macam upaya yang mereka lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di semua jenjang. Mulai dari penetapan Standar Nasional Pendidikan sampai pada peningkatan Akreditasi lembaga pendidikan. Komunikasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan merupakan upaya atau salah satu cara peningkatan mutu di dalam dunia pendidikan.
Para ahli sepakat bahwa komunikasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Sebab, komunikasi yang baik akan membentuk hubungan yang baik. Baik itu guru dengan muridnya atau murid dengan gurunya. Guru dituntut berperan aktif dalam proses belajar-mengajar terutama dalam proses belajar mengajar tatap muka. Guru dituntut sebagai perancang pembelajaran (designer of intruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of Instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, dan guru sebagai konselor dan lain sebagainya. Dalam menerapkan beragam hal tugas seorang guru, perlunya komunikasi yang efektif dalam proses belajar-mengajar antara murid dan guru. Sehingga tujuan peningkatan dari mutu di lembaga kependidikan bisa tercapai.
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk membantu penulis di dalam memaparkan korelasi antara komunikasi dengan pendidikan, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. |
id |
IOS13674.article-21 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Kerinci |
institution_id |
2105 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Pusat Institut Agama Islam Negeri Kerinci |
library_id |
1687 |
collection |
Ishlah (Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah) |
repository_id |
13674 |
subject_area |
Da'wah/Dakwah Islam World History, Civilizations/Sejarah Dunia, Peradaban Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam/Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam Koran/Qur'an, Al-Qur'an, Alquran |
city |
KOTA SUNGAI PENUH |
province |
JAMBI |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13674 |
first_indexed |
2020-05-10T03:20:58Z |
last_indexed |
2020-09-30T11:00:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686820281549586432 |
score |
17.538404 |