PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALU

Main Authors: Lestari, Inka, Hamid, Abd., Awuy, Evie
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8452
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8452/6728
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 23 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah lingkaran dengan mengikuti fase-fase: 1) Penyajian materi, 2) belajar kelompok, 3) membimbing kelompok dalam belajar dan bekerja, 4) evaluasi, dan 5) penghargaan kelompokKata kunci: STAD, hasil belajar, keliling dan luas daerah lingkaran