PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN ALAT PERAGA KOTAK GESER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMFAKTORAN BENTUK KUADRAT
Main Author: | Somawijaya, Somawijaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8308 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8308/6591 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga kotak geser yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran bentuk kuadrat di kelas VIII SMPN 2 Palu. Jenis penelitian ini adalah peneletian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga kotak geser dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran bentuk kuadrat di kelas VIII SMPN 2 Palu mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) penyajian kelas, (3) belajar kelompok, (4) tim studi dan monitoring, (5) tes, (6) penghargaan kelompok.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, alat peraga kotak geser, hasil belajar, pemfaktoran bentuk kuadrat.