PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR

Main Authors: Fadila Rizky, Fadila, Murdiana, I Nyoman, Hadjar, Ibnu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8300
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8300/6585
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajar­an kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan tahapannya yaitu: 1) penyajian kelas, 2) belajar dalam kelompok, 3) permainan, 4) pertandingan, dan 5) penghargaan kelompok. Pada tahap penyajian kelas, guru menyajikan materi yang dipelajari yaitu penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Pada tahap belajar dalam kelompok, siswa secara berkelompok saling bekerjasama dalam menyelesaikan soal yang diberikan agar dapat menguasai materi. Pada tahap permainan, guru menjelaskan tentang tata cara dalam melaksanakan pertandingan. Pada tahap pertandingan, siswa berdasarkan kemampuan yang homogen bertanding melawan siswa dari kelompok lain. Pada tahap penghargaan kelompok, guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok berdasarkan rerata skor yang diperoleh saat pertandingan.Kata Kunci: hasil belajar, operasi penjumlahan, operasi pengurangan, bentuk aljabar, pembelajaran kooperatif TGT.