PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU PADA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN BULAT

Main Authors: Hadija, Hadija, Rochaminah, Sutji, Ismaimuza, Dasa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8292
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8292/6578
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi tentang penerapan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu pada materi kelipatan dan faktor bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kelipatan dan faktor bilangan bulat mengalami peningkatan setelah di­terapkan metode penemuan terbimbing yang mencakup lima langkah yaitu (1) mem­berikan pokok-pokok materi, (2) pemprosesan LKS, (3) mempresentasikan hasil kerja, (4) membuat kesimpulan dan (5) memberikan umpan balik.Kata kunci: metode penemuan terbimbing, hasil belajar, kelipatan dan faktor bilangan bulat.