PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT DENGAN PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALU
Main Authors: | Gafur, Ma’ruf Abd, Ismaimuza, Dasa, Puluhulawa, Idrus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7229 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7229/5818 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring lingkaran kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan tahapan yaitu: 1) mengamati, 2) menanya, 3) menalar, 4) mencoba dan 5) membentuk jejaring.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik , hasil belajar, hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring lingkaran.