PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT DENGAN PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALU

Main Authors: Gafur, Ma’ruf Abd, Ismaimuza, Dasa, Puluhulawa, Idrus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 2016
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7229
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7229/5818
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring lingkaran kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan tahapan yaitu: 1) mengamati, 2) menanya, 3) menalar, 4) mencoba dan 5) membentuk jejaring.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik , hasil belajar, hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring lingkaran.