PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS VIIC MTS ALKHAIRAAT TONDO

Main Authors: Hidayah, Nurul, Sukayasa, Sukayasa, Yadil, Muh Nur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/11182
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/11182/8643
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga di kelas MTs Al-khairaat Tondo. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) fase informasi, (2) fase orientasi terarah, (3) fase penjelasan/uraian, (4) fase orientasi bebas, dan (5) fase integrasi.Kata Kunci: Pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, keliling dan luas segitiga