Analisis Pelaksanaan Magang I Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Mahasiswa PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta
Main Author: | Hartanto, Supri |
---|---|
Other Authors: | LPPM UPY |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1539 http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1539/928 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan menganalisis pelaksanaan praktek Magang I berbasis lesson study bagi peningkatan kompetensi pedagogi mahasiswa PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 40 mahasiswa, 6 dosen pembimbing dan 1 kepala UPPL. Analisis data menggunakan deskriptif serta analisis tahapan lesson study yaitu plan, do dan see. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menghasilkan kesimpulan pelaksanaan praktek Magang I berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kompetensi perencanaan pembelajaran selama tiga putaran yaitu putaran 1 ke 2 meningkat dari 86,03% menjadi 88,94%, sedangkan pada putaran 3 meningkat kembali menjadi 92,73%. Pada kompetensi pelaksanaan pembelajaran terjadi peningkatan dari putaran 1 ke 2 yaitu 83,60% naik menjadi 87,60% dan pada putaran ketiga meningkat kembali menjadi 91,15%. Peningkatan kompetensi tersebut didukung oleh (1) adanya mata kuliah prasyarat yang mendukung praktek Magang I; (2) pelaksanaan pembelajaran yang terbimbing dari tahap plan, do dan see; (3) terjadinya learning community pada mahasiswa dengan saling memberikan masukan kepada mahasiswa lainnya; (4) mahasiswa terus dituntut untuk melakukan inovasi pembelajaran; (5) adanya observer yang selalu mengevaluasi perkembangan perkembangan pembelajaran; serta (6) proses lesson study yang selalu melibatkan proses pembelajaran bersamaImplementation Analysis Magang 1 Based on Lesson Study in Improving Pedagogical Competencies of Students PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta. The study aims to analyze the implementation of lesson study based Magang I for improving pedagogical competence of PPKn students at FKIP University, PGRI Yogyakarta. The research subjects were 40 students, 6 supervisors and 1 UPPL head. Data analysis used descriptive as well as stage lesson study analysis, namely plan, do and see. Methods of collecting data with interviews, observation and documentation. The results of the study resulted in the conclusion that the Magang I based on Lesson Study could improve the competency of learning planning for three rounds, namely round 1 to 2 increased from 86.03% to 88.94%, while in round 3 it increased again to 92.73%. In the learning implementation competency there was an increase from round 1 to 2 which was 83.60%, up to 87.60% and in the third round it increased again to 91.15%. Increased competence is supported by (1) the existence of prerequisite courses that support Magang I; (2) implementation of guided learning from the plan, do and see stages; (3) the occurrence of learning community for students by giving input to other students; (4) students continue to be required to carry out learning innovations; (5) there are observers who always evaluate the development of learning; and (6) the lesson study process that always involves a shared learning process