Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi
Main Author: | Nuswantari, Nuswantari |
---|---|
Other Authors: | Prodi PPKN FKIP Universitas PGRI Madiun |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1325 http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1325/927 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui peningkatan kemampuan intra personal, kemampuan inter personal dan kemampuan akademis siswa SMP melalui pembelajaran nilai-nilai toleransi. Pemilihan subyek dilakukan berdasarkan skor skala keterampilan sosial terhadap 143 siswa. Subyek penelitian adalah siswa yang memiliki < 111, dan diperoleh 28 subyek, selanjutnya dari 28 subyek terebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dibagi secara random dengan mempertimbangkan kesetaraan subyek antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah di Uji-t ditemukan nilai t= 2,490, dengan signifikansi 0,027, berarti ada perbedaan peningkatan skor ketrampilan sosial antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran nilai – nilai toleransi efektif meningkatkan kemampuan intra personal, kemampuan inter personal dan kemampuan akademis siswa. Selanjutnya berdasar analisa Uji-t antara skor post-test dan follow-up pada kelas eksperimen ditemukan bahwa t= -1,758 dengan signifikansi = 0,102 berarti tidak ada perbedaan, dengan demikian bahwa efek perlakuan bersifat tetap. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan intra personal, kemampuan inter personal dan kemampuan akademis siswa SMP dapat ditingkatkan melalui pembelajaran nilai-nilai toleransiImprove Students Social Skills Through Learning Tolerance Values. The purpose of this research is, to determine the increase of intrapersonal abilities, interpersonal abilities, and academic abilities of junior high school’s students. Subject choice is done based on the score of social skill term to 143 students. As the subject of research is student who has < 111, and it is found 28 subject matters, and then from 28 subject concerned, it is divided into two groups, those are experiment’s group and controlled one, in random by considering equality if the subject between controlled and experiments groups. The result of data analysis of controlled and experiments groups with the t-test (sample paired t-test) it is known 2,490 with significant 0,027, it is mean there are differences of score improvement in social skill between controlled and experiences groups. It can be said that the instruction of effective tolerance values will result no difference, therefore it can be said that the effectivity of treatment will be fixed. The conclusion which will be found from this research is the teaching values of effective tolerance can be improving social skill of students