Pengaruh Pendekatan Probing-Prompting Learning (PPL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila
Main Author: | Dewi, Dinie Anggraeni |
---|---|
Other Authors: | PRODI PPKN Universitas Islam Nusantara |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1317 http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1317/925 |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan probing-prompting learning terhadap peningkatan tingkat kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan probing-prompting learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 18 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis terhadap hasil tes kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila diperoleh simpulan yaitu ada pengaruh pendekatan probing-prompting learning terhadap peningkatan tingkat kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila. Sedangkan berdasarkan analisis terhadap lembar angket diperoleh simpulan bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan probing-prompting learning.The Influence of the Probing-Prompting Learning (PPL) Approach on Increasing the Ability of Understanding Pancasila Values. Purpose in this research is to know influence of probing-prompting learning approach for increasing student’s vaules pancasila understanding ability in civic education learning and to know students respon for civic education learning with probing-prompting learning approach. The method used in this research is quasi experiment method, with research design non-equivalent control group design. This research done at junior high school 18 Bandung. Sample in this research is student VIII-3’s class as experiment class and VIII-4’s class as control. Based on analysis result values pancasila understanding ability test got conclusion that is the found influence of probing-prompting learning approach for increasing student’s vaules pancasila understanding ability. Meanwhile, based on quistionnarie analysis, conclusion can be drawnthat students respond positively towards civic education learning through probing-prompting learning approach