(KP) - PENERAPAN AKTIVITAS KERJA SAMA BISNIS (KEMITRAAN) PADA DIVISI MARKETING & DEVELOPMENT (MD) DI PT. PERTAMINA DRILLING SERVICES INDONESIA (PT. PDSI)

Main Author: Alviana, Aslama Anantia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/706/1/Abstract.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/706/2/Abstrak.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/706/3/Cover.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/706/
Daftar Isi:
  • Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki bagian pemasaran, yang secara umum kegiatannya melakukan usaha untuk mengantisipasi kebutuhan dan mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen, dan perlu memastikan bahwa kebutuhan dari para konsumen dapat terpenuhi dan dalam waktu yang sama mereka juga bisa meningkatkan keuntungan atau profit dari perusahaan itu sendiri. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan tentunya melakukan aktivitas kunci berupa kerja sama bisnis di dalam kegiatan pemasarannya yang meliputi serangkaian proses berupa seleksi terhadap calon mitra bisnis, verifikasi data/dokumen pendukung kerja sama, konfirmasi dari berbagai aspek, hingga ke tahap audit. Tugas yang dilakukan praktikan yakni melakukan serangkaian proses tersebut di atas untuk beberapa proyek kerja sama bisnis yang dilakukan divisi pemasaran. Secara keseluruhan, kerja profesi ini memberikan kesempatan bagi praktikan untuk mengaplikasikan dan mengembangkan kapasitas individu. Kata kunci: pemasaran, kerja sama bisnis, kemitraan