PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP SELF-ESTEEM REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI JABODETABEK

Main Author: Ratih, Eminar Permatasari
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/312/1/COVER.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/312/2/ABSTRAK%20%26%20ABSTRACT.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/312/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh social comparison terhadap selfesteem remaja pengguna media sosial yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 221 responden. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Iowa-Netherlands Comparison Orientation Measures (INCOM) dan State Self-Esteem Scale (SSES). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment dan regresi linier sederhana. hasil uji korelasi didapatkan sebesar -0,552 dengan signifikansi 0,000, menunjukkan adanya hubungan antara social comparison dengan self-esteem remaja pengguna media sosial di Jabodetabek. Hasil uji regresi R square sebesar 30,1% (0,301) yang berarti adanya pengaruh social comparison terhadap self-esteem remaja pengguna media sosial di Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima yaitu social comparison berkontribusi terhadap self-esteem remaja pengguna media sosial di Jabodetabek. Kata Kunci: Social Comparison, Self-esteem, Remaja, Pengguna Media Sosial